Grafindo Peduli Bantu 9 Ribu Buku Pelajaran di Yogyakarta

YOGYA (KR) – Kantor Wilayah Departemen Agama (Kanwil Depag) DIY mendapatkan bantuan buku-buku pelajaran untuk tingkat madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah, dan aliyah. Buku dengan berbagai mata pelajaran sebanyak 9.060 eksemplar dari PT Grafindo Media Pratama diterima langsung oleh Kepala Kanwil Depag DIY, Drs H Affandi MPdI, kemarin.

”Bantuan buku ini merupakan program corporate social responsibility (CSR) yang diberi nama Grafindo Peduli Pendidikan. Boleh dikatakan ini merupakan semacam zakat dari hasil keuntungan Grafindo,” ujar Jasanta Peranginangin, Area Manager PT Grafindo Media Pratama, saat acara penyerahan bantuan buku di kantor Kanwil Depag DIY.

Menurutnya, program tanggung jawab sosial dari Grafindo sudah rutin dilakukan seperti khitanan massal dan menjadi orangtua asuh. ”Untuk kegiatan sosial lainnya membangun Sekolah Insan Cendikia di Yogya, membangun pondok pesantren Gontor di Sumatera Barat, dan menjadi orangtua asuh bagi seribu anak di Solo. Banyak lagi kegiatan lainnya,” kata Jasanta.

Khusus bantuan buku untuk madrasah di DIY yang nilai totalnya Rp 250 juta, Jasanto menyebut komposisi madrasah ibtidaiyah 3.638 eksemplar, madrasah tsanawiyah 1.219 eksemplar, dan madrasah aliyah 4.205 eksemplar. Buku mata pelajaran meliputi IPS, bahasa Indonesia, sains, matematika, KTK, biologi, fisika, geografi, bahasa Inggris, sosiologi, sejarah, dan ekonomi.

Kepala Kanwil Depag DIY, Drs H Affandi MPdI, mengatakan, buku-buku tersebut akan digunakan untuk siswa, perpustakaan, atau masyarakat yang membutuhkan. ”Selama ini semangat membaca masih kurang. Dengan adanya tambahan buku ini diharapkan semangat membaca bisa meningkat,” katanya. (Dikutip dari Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s