Buku Elektronik Belum Populer

Kompas, Makassar, Kamis, 26 Juni 2008

Keberadaan website buku sekolah elektronik yang bisa didownload masyarakat secara gratis belum sepenuhnya diketahui guru-guru. Mereka berharap supaya buku-buku teks online yang disediakan pemerintah itu tidak hanya mengutamakan mata pelajaran yang masuk dalam ujian nasional.

“Saya belum pernah mencoba buka di internet soal buku sekolah elektronik yang disediakan pemerintah. Saya berharap buku-buku untuk SMK juga diperhatikan,” kata Ika, guru SMKN 1 Laguboti, Sumatera Utara di sela-sela pelaksanaan Lomba Keterampilan Siswa SMK Tingkat Nasional XVI di Makassar, Kamis (26/6). Menurut Ika, selama ini guru SMK juga memakai buku-buku keterampilan di bidang kejuruan masing-masing, salah satunya yang direkomendasikan Departemen Pendidikan Nasional.

“Jika buku-buku SMK yang spesifik sesuai kejuruannya juga bisa disediakan secara online tentu sangat bagus. Kan, bisa jadi buku teks yang murah juga buat siswa,” kata Ika.Nurizan, guru SMK Tunas Bakti, Pekanbaru, mengatkan belum mencoba untuk mengakses buku sekolah elektronik. Namun, guru di bidang pekerja sosial ini menyambut baik upaya pemerintah menyediakan buku teks gratis di internet.

Nurizam mengharapkan pemerintah tidak hanya menyediakan buku online yang masuk dalam ujian nasional (UN) saja. Buku-buku yang mengajarkan kompetensi siswa SMK juga perlu disediakan. Pasalnya, guru memerlukan bahan ajar yang beragam untuk bisa membuat modul yang sesuai kebutuhan siswa.

One response to “Buku Elektronik Belum Populer

  1. setuju bu!!!
    walaupun saya bukan anak smk,pemerintah kan harus adil kalau buat program.
    jangan cuma sebagian dapet fasilitas, sebagian lagi gak dapet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s