Launching Facil di Surabaya

Facil Surabaya

Direktur Grafindo menyerahkan tanda mata kepada pelanggan loyal Grafindo

Sentuhan tangan Putra Ginting, Direktur Grafindo, ke atas layar menandai diluncurkannya Facil di kota pahlawan, Surabaya. Diiringi bunyi perkusi dari grup musik tradisional Jajan Pasar, satu persatu muncul di layar huruf yang membentuk kata  F  a   c  i   l dalam warna oranye. Dry smoke juga ikut meramaikan peluncuran ini.

Acara  peluncuran Facil yang bertempat di Java Paragon Hotel Surabaya pada hari Selasa, 15 Maret 2011 ini dipandu oleh MC Daan Aria dari Padhiyangan. Dihadiri oleh lebih dari 60 guru dan kepala sekolah dari Surabaya sekitarnya, menunjukkan bahwa acara ini cukup mendapat respons. Bahkan ada kepala sekolah yang mau bersusah payah dari Jember untuk menghadiri acara ini.

Facil surabaya Grafindo buku teks premium

Hadirin menyambut antusias launching Facil di Java Paragon Hotel Surabaya

Sambutan hadirin sangat positif. Mereka berterima kasih kepada penerbit Grafindo yang telah mengundang mereka untuk menghadiri acara ini. Bahkan, tamu dari yayasan semen Gresik memohon maaf karena mereka terlambat datang ke acara ini karena harus menyelesaikan rapat yayasan. Ini menunjukkan antusiasme mereka untuk menjadi orang pertama yang menyaksikan eksistensi Facil di Surabaya.

Kemudian diputar tiga fragmen yang menjelaskan perbedaan antara paradigma lama dalam pembelajaran dan metamorfosa pembelajaran melalui Power Point yang disajikan oleh Facil. Dari fragmen ini hadirin bisa melihat diferensiasi yang ditawarkan Facil secara lebih clear and distinct.

Direktur Grafindo yang diundang Daan ke depan untuk menerangkan kelebihan Facil berhasil memenuhi rasa penasaran hadirin untuk bertanya.  Beliau juga menjelaskan asal-usul nama Facil yang berarti “mudah” dan mengapa Grafindo memilih nama Facil.

Ibu Nuke dari Yayasan Cinta Hati, langsung menanggapi dan sangat mengapresiasi Power Point yang disediakan oleh Facil. Secara khusus, beliau juga minta agar soal dalam pelajaran akuntansi bisa ditambah. Selain itu, beliau juga meminta agar manajemen Grafindo mempertimbangkan untuk membuat buku bilingual.

Ibu Paulina dari SDK Santo Yusuf mengundang Grafindo untuk menghadiri acara ulang tahun sekolah pada tanggal 19 Maret 2011. Ini menunjukkan bahwa sekolah sangat menyambut baik kehadiran Facil. Selanjutnya ada Pak Gofir dari Semen Gresik Foundation dan Bu Ana dari Yayasan Al Azhar Kelapa Gading, Surabaya juga mengatakan hal senada tentang sambutan mereka terhadap kehadiran Facil.

Selanjutnya, suasana semakin “panas” ketika Daan membawakan kuis “IQ 200”. Majulah tiga orang peserta, yakni Pak Adi, Ibu Yulia dan Pak Anto. Pertanyaan berkisar pada pengetahuan tentang Facil seperti: Apa arti Facil? Berasal dari bahasa apa kata Facil? Apa nama seri Facil untuk jenjang SD, SMP dan SMA? Apa kelebihan Facil?

Alhamdulillah semua peserta dapat menjawab dengan baik. Ini menandakan mereka mendengar talk show Daan dan penjelasan Direktur Grafindo dengan baik.

Yang tidak bisa mereka jawab hanya pertanyaan plesetan dari Daan, seperti: Indonesia terletak di antara dua samudera dan dua….?

Para peserta kuis menjawab “benua”. Daan menyalahkannya, dan memberi jawaban versinya, yaitu: “Indonesia terletak di antara  oleh dua samudera dan dua-duanya sangat dalam”. Maka meledaklah tawa dari para hadirin. Aya aya wae Daan euy…

Satu lagi pertanyaan Daan yang menggelitik adalah: “Hewan apa yang paling kaya?” Ada yang menjawab “beruang”, “ikan mas”, dan “burung belibis”. Tapi semuanya salah menurut Daan. Yang benar adalah, “Hewan to be a Millionaire”. Pecahlah lagi tawa hadirin.

Acara puncak yang ditunggu-tunggu dan membuat deg-degan adalah drawing hadiah utama. Kali ini yang beruntung memperoleh hadiah utama berupa netbook adalah seorang kepala sekolah dari Jember. Tidak sia-sia perjuangan beliau menempuh perjalanan jauh dari Jember ke Surabaya. Mudah-mudahan berkah ya Pak.

Acara ditutup dengan meninggalkan kesan mendalam para hadirin. Mereka berkomitmen untuk menggunakan Facil yang sudah terbukti sangat membantu dalam kegiatan pembelajaran. Apalagi, Facil telah dilengkapi dengan PAG (Perangkat Administrasi Guru) dalam bentuk soft copy (file) yang semakin memudahkan guru dalam mempersiapkan materi pelajaran. Setelah acara usai, beberapa guru masih antusias berdialog dengan manajemen Grafindo.

Sampai jumpa launching berikutnya di Medan pada hari Kamis tanggal 17 Maret 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s