Facil “Menyihir” Kota Medan

 

Facil Grafindo Medan

Direktur Grafindo menyerahkan apresiasi kepada Ibu Guru dari Yayasan Sutomo yang loyal menggunakan produk Grafindo selama 12 tahun

Bertempat di The View, cafe yang sangat cozy di lantai 26 Swiss Belhotel, Medan,  acara peluncuran Facil di Medan berlangsung  meriah. Diawali dengan iringan lagu Malam Yang Biru dari Little C Band, hadirin dibuat terpana. Dentingan grand piano di sudut panggung menambah kekuatan band ini. Begitu juga dengan lengkingan Fany, sang vokalis, mampu membuat hadirin terkesima.

Facil Hadir di Medan Grafindo

Suasana meriah di The View, Swiss Belhotel pada launching Facil di Medan

Daan Aria dari P Project yang bertindak sebagai MC langsung menyambut hadirin dengan, ”Apa Kabar Guruku?” Langsung para guru menjawab sambil dibarengi gerakan dengan “Look, How Facil to Use”.

Pada acara yang berlangsung hari Kamis, 17 Maret 2011 ini, manajemen Grafindo menyerahkan apresiasi kepada Yayasan Sutomo yang telah loyal menggunakan produk Grafindo selama lebih dari 12 tahun. Penyerahan hadiah berupa netbook dilakukan oleh Putra Ginting sebagai Direktur Grafindo kepada wakil dari Yayasan Sutomo, yang dalam hal ini diwakili oleh seorang ibu dari SMP.

Selanjutnya, Direktur Grafindo diundang Daan ke panggung untuk menjelaskan apa itu Facil beserta kelebihannya. Beberapa keunggulan Facil adalah layout yang lebih menarik, penggunaan gambar yang keluar dari pakem, materi yang update, dilengkapi dengan power point, dilengkapi  dengan perangkat administrasi guru, bertemakan Go Green, dan penggunaan pengayaan berbahasa Inggris.

Penjelasan ini mendapatkan banyak tanggapan dari hadirin. Bapak Abdurrahman dari Yayasan Al Ulum, sebuah yayasan terkemuka di Medan, menyambut baik Facil. Bahkan beliau dengan antusias mengusulkan kepanjangan FACIL menjadi Fun, Action, Credibility, Intelectual Learning. Yayasan ini sudah berkomitmen untuk menggunakan produk Facil.  Meskipun demikian, yayasan memberikan masukan kepada manajemen Grafindo agar membuat power point yang lebih interaktif. Mereka menganggap Power Point yang menjadi kelebihan Facil belum terlalu canggih.

Namun, hal ini dibantah oleh Pak Sofyan dari Yayasan Harapan, sebuah yayasan yang cukup tua dan terpandang di Medan. Menurut Pak Sofyan, power point yang ditawarkan Facil sudah lebih dari memadai. Apalagi, sebagian besar guru senior belum terlalu akrab dengan perkembangan teknologi.  Facil sangat pantas bersaing dengan penerbit lain dalam proses seleksi buku di Yayasan Harapan.

Dalam hal ini, Grafindo menyadari bahwa perusahaan tidak bisa memuaskan seluruh pelanggan. Apa yang dianggap cukup oleh satu pelanggan, masih dianggap kurang oleh pelanggan yang lain. Karena itu, kami tetap fokus untuk memberikan apa yang menurut kami terbaik bagi pelanggan dan proses pembelajaran.

Bapak Mulihi Sembirind dari Yayasan Ahmad Yani Binjai bertanya apakah power point boleh dibagikan kepada siswa? Menanggapi hal ini, Direktur Grafindo menyatakan bahwa tujuan pembelajaran adalah membuat siswa lebih pintar. Karena itu tidak ada salahnya power point diberikan juga ke siswa. Nantinya, di kelas guru hanya akan menjawab pertanyaan siswa yang kurang paham. Dengan demikian, waktu belajar akan semakin efektif dan cara belajar siswa semakin aktif.

Setelah mendengarkan selingan beberapa lagu, antara lain lagu lawas dari Utha Likumahuwa Esok kan Masih Ada,  Daan mengundang tiga orang tamu untuk mengikuti kuis IQ 200. Sebagaimana di Surabaya, kuis ini juga mendapat perhatian dari hadirin. Beberapa jawaban yang kurang tepat membuat hadirin geregetan. Kuis ini akhirnya dimenangkan oleh Bapak Tony setelah mencapai angka 200.

Sebagai pemuncak acara, ditariklah kupon yang telah dimasukkan ke dalam toples. Setelah dikocok dalam waktu lama akhirnya hadiah utama jatuh kepada ibu Theresia Siahaan dari Perguruan Immanuel. Sungguh beruntung ibu Siahaan, padahal sebelumnya beliau hanya menjadi pemenang kedua dalam kuis IQ 200. Selamat ya Bu….

Mudah-mudahan acara ini dapat menjadi  awal yang baik bagi kehadiran Facil di kota Medan yang penduduknya sangat peduli dengan pendidikan. Horas Medan….

Berita peluncuran Facil di media dapat dilihat di Harian Medan Bisnis.

One response to “Facil “Menyihir” Kota Medan

  1. Saya keliling kota Makassar dihampir semua toko buku tapi koq buku Facil terbitan Grafindo Media Pratama tidak saya temukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s